Contact Form

Name

Email *

Message *

Monday, July 23, 2012

Gender Kata Benda dalam Bahasa Spanyol

Dalam bahasa Spanyol, kata-kata benda memiliki jenis kelamin atau gender, yang terdiri dari Feminim dan  Maskulin. Bentuk pembedaan gender kata itu adalah penggunaan artikel yang di tempatkan (tidak selalu, tergantung dari konteks kalimat) sebelum sebuah kata benda.

Secara sederhana, pembedaan itu bisa dirumuskan sebagai berikut:
  • Kata-kata benda dengan akhiran huruf "o" pada umumnya memiliki artikel berjenis jender Maskulin (M). Artikelnya ditulis dengan kata "EL" atau bila plural ditulis "LOS". Contohnya: el libro (buku) / los libros (buku-buku), el gato (kucing) / los gatos (kucing-kucing), el canto (lagu) / los cantos (lagu-lagu)
  • Kata-kata benda dengan akhiran huruf "a" pada umumnya berartikel Feminim (F). Artikelnya ditulis dengan kata "LA" atau bila plural ditulis "LAS". Contohnya: la casa (rumah) / las casas (rumah-rumah), la flor (bunga) / las flores (bunga-bunga), la niña (anak perempuan) / las niñas (anak-anak perempuan)
  • Ada beberapa kekecualian pada pengelompokan jender ini. Dalam beberapa kata benda, artikel bisa jadi M atau F tergantung jenis kelamin seksualnya. Contohnya: el artista (artis laki-laki), la artista (artis perempuan) atau las artistas/los artistas bila plural.
Berikut penjelasan dari seorang guru berbahasa Spanyol.




Kali ini tidak saya berikan terjemahannya. Silahkan mencoba mendengarkan setelah membaca penjelasan di atas. Pelan-pelan kita akan mengerti kurang lebih apa yang dijelaskan, tanpa harus satu demi satu menerjemahkan apa yang dikatakan guru di atas. Selamat Mencoba.

Sumber: http://www.thespanishforum.com/spanish-video-lessons/el-genero-de-los-nombres

0 comments:

Post a Comment