Contact Form

Name

Email *

Message *

Monday, July 16, 2012

Membaca Alfabet Bahasa Spanyol (2)

Pengucapan Huruf 'G'

Huruf 'g' dalam bahasa Spanyol diucapkan dengan beragam bunyi. 

  • Bila ia berdiri sendiri, diucapkan dengan bunyi "he" seperti dalam pengucapan "ham" pada kata "alhamdullilah". Jadi 'g' diucapkan "he"
  • Bila terletak pada sebuah kata dan melekat pada huruf 'a', 'o' dan 'u' maka diucapkan seperti pengucapan huruf 'g' dalam bahasa Indonesia, seperti pada kata "gergaji". Dalam beberapa kata Spanyol misalnya: "gato" (kucing) diucapkan seperti pada kata "gampang", "gordo" (gemuk) diucapkan seperti pada kata "gombloh", "guapo" (tampan) diucapkan seperti pada kata "gundul".
  • Bila melekat pada suku kata "ue" dan "ui" juga diucapkan seperti huruf 'g' dalam bahasa Indonesia. Pada kata-kata Spanyol misalnya: "guerra" (perang), diucapkan "gerra" seperti pada ucapan "gerakan", atau kata "guitarra" (gitar) yang diucapkan "gitarra" seperti pada kata "girang".
  • Secara sederhana, saya mengingatnya dengan rumus : "ga-go-gu-he-hi"
Berikut penjelasan langsung dari seorang guru berbahasa Spanyol, yang bisa diikuti pada video berikut.




El Abecedario – Letra ‘G’


Pilar. Bienvenidos a la Escuela de Español Tilde.
En la sesión de hoy vamos a centrarnos en el estudio de las letras que pueden representar sonidos diferentes. Este es el caso de la letra ‘G’.
La letra ‘G’ puede representar un sonido suave, aquí lo tenemos, en combinación con las vocales ‘A’, ‘O’, ‘U’. Por ejemplo, tenemos la palabra “gato”, o la palabra “gordo”, o la palabra “guapo”, con sonido suave.
Esta letra, en combinación con las vocales ‘E’ o ‘I’, necesita la intermediación de la letra, de la vocal “U”, que no se pronuncia pero que nos sirve para dar un sonido suave. Por ejemplo, “guerra” o “guitarra”.
Sin embargo, la letra ‘G’ también puede representar un sonido fuerte que representamos con una [X] y que, en combinación con la vocal ‘E’, con la vocal ‘I’, pronunciaríamos “gente” o “gitano”.
Vamos a ver otros ejemplos de pronunciación suave, donde la letra ‘G’ tiene una pronunciación suave. Por ejemplo: “ceguera”, “gas”, “gota”, “grande”, “gusano”, “Gutiérrez” y “gamo”.
Y como pronunciación fuerte tenemos otros ejemplos como son “gimnasia”, “agenda”, “gesto”, “tragedia”, “generoso”, “general”.

Alfabet dalam bahasa Spanyol - Huruf 'G'

Pilar. Selamat datang di Sekolah Bahasa Spanyol Tilde.
Dalam sesi ini kita akan memusatkan belajar kita pada huruf-huruf yang bisa diucapkan dengan berbagai bunyi yang berbeda. Dalam hal ini kita akan membahas tentan huruf 'G'.
Huruf 'G' bisa diucapkan dengan bunyi ringan, di sini kita mempunyai contoh, dalam kombinasi dengan huruf-huruf vokal 'A', 'O', 'U'. Contohnya, kita punya dalam kata-kata Spanyol "kucing", atau kata "gemuk", atau kata "tampan", dengan bunyi ringan.
Huruf ini, dalam kombinasi dengan huruf vokal 'E' atau 'I', memerlukan huruf intermediasi atau penghubung "U", yang tidak diucapkan tetapi berguna untuk memberikan bunyi ringan. Cohtohnya, dalam kata-kata Spanyol, "perang" atau "gitar". 
Namun demikian, hurf 'G' juga bisa berbunyi kuat yang kita wakilkan dengan sebuah (X) dan yang, dalam kombinasi dengan huruf vokal 'E' dan 'I, kita ucapkan kata dalam bahasa Spanyol "orang" atau "gipsi".
Mari kita lihat contoh-contoh lain dari pengucapan yang ringan, di mana huruf 'G' puny pengucapan ringan. Contohnya: dalam kata-kata Spanyol "kebutaan", "gas", "tetesan", "besar", "ulat", nama orang “Gutiérrez” dan "rusa'.
Dan pada pengucapan kuat kita punya contoh seperti pada kata-kata Spanyol "pesenam", "jadwal", "sikap", "tragedi", "murah hati", "umum"

0 comments:

Post a Comment